My Counters Blog

“Stres Datang Masalah Datang Menghadang”  »»

Pusiiing! Pelajaran makin sulit, PeeR menghimpit, urusan sama do'i juga membelit, ujung-ujungnya, kita bakalan bete, uring-uringan nggak karuan, akhirnya nangis atau nggak menyendiri. Waaah... waspadai gejala itu. Stres mengincar, kalau nggak segera diatasi, bisa sakit sendiri lho, Padahal ada solusinya di bloQueren, buat antisipasi, gaet aja cara-cara berikut ini:

  • Sumber Stres.
Kenali dulu dari mana sumber tuh stres, biasanya masalah menumpuk dari hubungan kita sama temen, pacar, dosen/guru, lantas pelajaran yang sulit dimengerti, peer yang kelewat banyak, bakalan sulit dimengerti dan dipelajari, atau ada masalah sama si do'i atau sama ortu. Nggak ada salahnya kita intropeksi, kenali diri sendiri, apa yang telah kita lakukan. Seperti pepatah bilang, "Pengalaman adalh guru yang terbaik." Berkaca dari yantg sudah kita alami, lebih baik ketimbang menyalahkan orang lain atau keadaan.


  • Skala Prioritas.
Tuangkan masalah yang belum terselesaikan di secarik kertas atau diary, lantas buat skala, apa dulu yang perlu di tuntaskan. Nggak ada untungnya lari dari persoalan, menunda justru bikin sakit kepala. Hadapi saja satu persatu dengan lapang dada. Tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan, ulangi beberapa kali, lalu segera selesaikan masalahnya.

  • Teman Sharing.
Cari teman yang dapat dipercaya buat curhat. Siapa tahu dia bisa beri solusi buat kamu. Ceritain apa yang kamu rasakan, sambil lihat moment nya. Jangan salah orang ya, ntar kamu malah jadi bahan rumpian yang empuk lagi. Pilih waktu dan tempat yang tepat buat mengutarakan persoalan yang sedang kamu hadapi. Cafe yang hingar bingar nggak cocok buat tempat berbagi cerita. Coba saja di kamar, atau di pantai misalnya, yang pasti tenang dan nggak banyak orang yang menggangu.

  • Temenan Sama Buku.
Pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia. Nggak ada salahnya ketika kita sendiri dan merasa terbebani, kita cari aja bacaan seperti komik kocak, bener deh nggak lama kemudian, kita terpingkal-pingkal, geli. Sejenak, kepalapun jadi lebih enteng.

  • Musik.
Lampiaskan kekesalan kamu sama musik, coba nyanyikan beberapa lagu favorite kamu dikamar, atau dengar lagu-lagu kalem, sambil baca buku favorite kamu. Biarkan pikiran kamu konsentrasi sama bacaan & lagu yang sedang mengalun saja, hingga gelisah yang tadinya terasa berat banget, bakalan menyingkir jauh-jauh.

  • Hobi.
Bila ada waktu, coba menyingkir sejenak dari rutinitas kamu yang ada. Manjakan diri dengan hobi yang biasa digeluti. Mungkin saja olahraga, berkebun, main games, browsing internet, atau bisa saja mengubah interior kamar, bongkar barang-barang usang, tambahkan beberapa pernak-pernik lucu. Hias juga meja belajar dengan frame yang lucu berisi foto-foto orang tersayang, misalnya. Wuaaahh...pasti habis kecapekan mengerjakan semuanya, hatimu kembali berseri.
Selamat Mencoba.

Comments :

1
ewan mengatakan...
on 

Queren banget artikelnya... di tunggu postingan berikutnya...

Posting Komentar

 
Semua artikel dalam blog ini saya dapatkan dari majalah/koran/tabloid bekas.